Subscribe to Wordpress Themes Demo
Prinsip - prinsip visual

1. Visual bersifat iconik
visual/ gambar tanpa adanya kata-kata pun sudah menunjukan maksud/arti.
contoh: gambar ular, tanpa ada tulisan dan kata-kata yang menuliskan gambar tersebut adalah seekor ular, orang juga telah tahu bahwa yang ada di gambar itu adalah ular


2. peran visual/ gambar dalam pembelajaran

Dapat memperlancar pemahaman dan Ingatan.

Menambah minat siswa dalam belajar.

sebagai sarana untuk menyediakan atau memberikan referensi yang konkret tentang sebuah ide


3. proses merancang desain visual

Membuat Storyboard (sebuah metode perencanaan)

storyboarding adalah sebuah metode perencanaan , ketika mendisain sekelompok tampilan visual .

contoh : sebuah slide atau video akan diperlukan sebuah metode bagaimana cara menyusun dan menyusun kembali keseluruhan sekuen dalam sebuah rangkaiaan visual .

Types of Letters

(Pemilihan jenis tulisan yang akan digunakan dalam sebuah tampilan visual perlu disesuaikan dengan pesan apa yang ingin disampaikan oleh desainer .


Media Visual

adalah sebuah penghantar/ perantara pesan dari pengirim ke penerima melalui media visual yang dapat dikembangkan dalam bentuk gambar,foto, grafik,bagan, chart,sketsa.

ΕΎ4 Tujuan Dasar Desain Visual:

-Ensure Legibility (memastikan keterbacaan)
Sebuah tampilan visual tidak akan berfungsi sampai tampialan itu dapat terbaca oleh setiap orang yang melihatnya. Keterbacaan berhubungan dengan kualitas huruf pada tampilan dalam tingkat kemudahan untuk dibaca.

-Reduce Effort( meminimalisir upaya penagkap pesan)
Seorang desainer pasti menginginkan agar pesan yang disampaikan melalui sebuah tampilan dapat diterima dengan baik.oleh karna itu ia akan berusaha untuk meminimalisir usaha usaha yang mungkin membutuhkan oleh setiap orang

-Increase Active Engagement (meningkatkan keaktifan)
sebuah pesan tidak akan dapat bertahan sampai pesan itu mendapat perhatian , hal ini lah yang menjadi dasar dari salah satu tujuan desain visual . sebuah desain sebaiknya di buat semenarik mungkin untuk menarik perhatian viewer .

-Focus Attention (perhatian yang focus)
setelah mendapat perhatian viewer , langkah selanjutnya adalah bagaimana mengarahkan perhatian pada bagian terpenting dari tampilan pesan visual yang telah dibuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar