Subscribe to Wordpress Themes Demo
Peran komputer dalam pengembangan media



teknologi komputer kini memperoleh perhatian besar dari masyarakat. Teknologi ini mampu memberi kemudahan-kemudahan kepada setiap penggunanya untuk membantu kegiatan-kegiatan dalam kehidupan manusia, yaitu kerja, belajar dll. Sehingga para pendidik memandang bahwa teknologi komputer bisa menjadi media yang sungguh bermanfaat untuk proses pembelajaran.Ditambah jaringan dan internet pada komputer, yang mampu menyajikan berbagai informasi yang dibutuhkan. Sehingga komputer mampu memberi manfaat penuh bagi setiap penggunanya. Pembelajaran yang dibantu komputer dikenal dengan nama CAI yaitu “Computer Assited Instruction” yang kedua CMI yaitu” Computer Manageg Instruction”. Dalam kawasan pembelajaran ada empat kelas besar yang umum digunakan oleh pendidik dalam menggunakan aplikasi komputer, yaitu:
1. Komputer sebagai objek pembelajaran
2. Komputer sebagai alat
3. Komputer sebagai media pembelajaran
4. Komputer mengasah Logical Thinking
pembelajaran menggunakan komputer yaitu sebagai alat bantu dalam menyampaikan pelajaran kepada peserta didik. Perubahan metode pembelajaran dan pengajaran telah menyebabkan alat yang digunakan memeluas, misalnya: video, audio, slide dan film. Di dalam komputer juga terdapat software, dalam menentukan software yang akan digunakan harus beracu pada teori-teori yang ada, karena bila tidak sesuai dengan teori, akan menghambat proses penyampaian pesan kepada peserta didik, contohnya teori neobehavioristik, kenapa dalam pengaplikasian software komputer digunakan teori neobehavioristik ? karena dengan menggunakan teori ini akan lebih mempermudah pengaplikasian software komputer. terdapat dua literasi yang dibutuhkan dalam menentukan software, yaitu literasi IT adalah kemampuan dalam menganalisis informasi-informasi yang ada. yang kedua adalah literasi komputer, yaitu kemampuan dalam mengoperasikan komputer. namun masih banyak kendala-keldala yamg ada dalam menentukan software komputer, karena itu masih dibutuhkan kemampuan yang lebih dalam mengoperasikan komputer dan internet.

Dalam diskusi kali ini terdapat beberapa tanya jawab, yaitu :
A (Arief Priyanto):
Cara menanggulangi masalah ketidak merataan kemampuan, dan dari dalam segi kepemilikan komputer?
A.A (Penyaji):
Penanggulangannya yakni dengan cara pelatihan komputer, dan adanya pengadaan komputer melalui bantuan pemerintah dan berbagai pihak terkait.
B (Melinda):
Mengapa Neobehavioristik dijadikan Teori yang sering digunakan dalam aplikasi Software?
B.B (Penyaji):
Karena teori ini paling mudah diaplikasikan,seandainya user software salah, maka dapat di replay kembali.
C (Noor Rofiana):
Mengapa dalam pembuatan sotware itu tidak menggunakan teori belajar yang lain? Kenapa harus NEObehavioristik?
C.C (Penyaji):
Karena pengaplikasian Teoti Bhavioristik lah yang paling mudah bagi user software tersebut.
D (Gian Prantoro):
Maksud “Komputer dapat mengasah Logical Thingking”?
D.D (Penyaji):
Komputer mengenal berbagai macam bahasa pemrogramanan, seperti: visual basic, turbo pascal, cobol, borland delphi, yang dimana dalam menggunakan bahasa pemrograman tersebut berisikan logika-logika dan menuntut user harus bisa mengusai bahasa pemrograman yang terdapat pada komputer tersebut. Bahasa pemrograman itu lah yang nantinya dapat mengasah kemampuan Logika Otak kita.
E (Arifin Septyanto):
Kesimpulan dari diskusi?
E.E (Penyaji):
Komputer sangatlah membantu dalam proses pembelajaran, karena efektif, efisien dan tepat guna dalam pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar